EDITING PHOTO DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PHOTOSHOP

Sekarang ini banyak software Editing photo, misal yang banyak dipakai dan digemari para editing photo adalah photoshop. Memang masih banyak aplikasi yagn lain, tapi mengapa kita membahas photosop? Karena aplikasi grafis ini telah begitu populernya, sehingga rilis baru telah muncul dengan beberapa fitur tambahan yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemarnya termasuk saya  ini.

Inovasi-inovasi yang telah diusung dalam aplikasi photoshop ini telah semakin disadari oleh pengguna maupun pembuatnya, dimana terdapat unsure desain yang sangat penting dan sangat tidak dapat dilupakan yaitu unsure kreatifitas. Tanpa kreatifitas, aplikasi desain secanggih apapun tidak akan berarti. Adobe photoshop Creative Suite adalah merupakan produk dari photoshop system yang begitu dikenal didalam produk-produk aplikasi yang berbasis grafis. Jadi marilah kita belajar Editing Photo dengan software yang paling popular dan paling banyak dipakai oleh editing photo.

Photoshop memiliki beberapa component untuk editing photo yang bagus, selain itu banyak tool yang memudahkan kita untuk manipulasi photo.

Berikut adalah beberapa tips agar editing photo bisa sempurna. Lets go …

1. Kreatifitas

Hemm….Skali lagi ketemu ma yang namanya kreatifitas. Jangan takut untuk berkreasi itu kuncinya. Karna sesungguhnya dalam hal mencari uang kreatifitas itu bisa dikatakan kunci utama dalam meraih sukses. Ga percaya…?

Kita tengok orang-orang disekeliling kita yang sukses karena usahanya. Betapa mereka tidak berjuang dengan memutar otak untuk mendapatkan jalan pintas agar uang dapat mereka dapatkan tapi dengan sedikit tenaga atau usaha, lalu bagaimana? Skali lagi kreatifitas. Ops… ko jadi ngelantur ke uang sih…?

Kembali ke topic, Kreatifitas. Kreatifitas disini sangat dibutuhkan karena dalam pengolahan gambar dengan hasil yang baik membutuhkan ide yang baik pula…hemmm…ide ya…?

Yapz…ide. Ide kreatifitas yang akan kamu tuangkan dalam pengolahan gambar sangatlah menentukan akhir cerita dari gambar itu. Kita dapat melihat hasil yang baik itu karena usaha untuk berkreasi yang baik dan maksimal. So ….kreatifitas adalah kunci utama.

2. Eksplorasi

Harapan agar hasil yang maksimal dan memuaskan tidak luput dari penguasaan software pembantu dalam hal ini photoshop. Eksplorasi diambil dari kata eksplor yang artinya menjajah, menjajah mengandung arti menguasai. Mengapa kita harus menguasai photoshop agar hasil maksimal? Jawabanya sudah pasti untuk mempermudah dan mempercepat kerja anda dalam berkarya. Eksplorasi yang dimaksud disini adalah mengerti dan mengetahui dasar serta tool –tool yang ada pada photoshop. Apa yang akan kita gunakan baik tool-tool, effek ataupun model editing yang kita tuju nanti. Nah penting juga kan eksplorasi….?

3. Kecepatan mengolah

Cepat bukan berarti balapan atau kebut-kebutan, tapi kecepatan yang diharapkan adalah kita bekerja secara cepat tapi tidak mengurangi kualitas hasil yang akan kita capai, kecapatan ini dapat ditingkatkan dengan penguasaan, bantuan shortcut atau karna sering kita gunakan tool-tool pada photoshop sehingga sudah hafal seluk-beluk atau bahkan shortcut untuk mempercepat pekerjaan anda. Kalo ada jalan pintas mengapa mencari jalan yang jauh dan lebih sulit.

4. Penggunaan tool secara tepat

Tool-tool yang ada pada photoshop sejatinya sudah memiliki fungsi masing-masing sesuai kebutuhan si pengguna. Masih belum mengerti? Begini, sebagai contoh yang mudah kita akan menyeleksi sebuah foto, dari foto itu terlihat jelas perbedaan warna titik-titik gambar maka kita menggunakan pen tool untuk menyeleksi agar kita mendapatkan hasil seleksi yang sempurna dan cepat. Tetapi saat kita akan menyeleksi suatu gambar dengan warna latar atau background yang memiliki warna yang sama dan solid kita dapat menggunakan magic wand tool. Sudah mengerti kan maksudnya? Baiklah mari kita lanjutkan!

Penggunaan tool secara tepat akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih efisien karena kita tidak perlu susah payah mengulang atau memperbaiki editing foto kita yang sudah kita edit sebelumnya.

5. Finishing

Setelah kita berputar-putar mengotak-atik gambar kita tentulah kita membutuhkan eksekusi atau yang popular dengan kata finishing. Hasil akhir photo kita akan bagus jika menggunakan format yang tepat dan jangan lupa master photoshop anda jangan sampai kehapus sebagai bukti bahwa anda membuatnya bukan mencontoh hasil karya orang lain dan hasil yagn akan kita perlihatkan pada orang lain adalah kompresi dari file anda yang sudah dieksport dengan format satu keutuhan gambar bitmap seperti format yang sering kita umpai yaitu JPG.

Agar hasil maksimal kita gunakan resolusi yang tinggi akan tetapi space memori yang terpakai juga akan lebih besar karena file kita akan besar ukutannya.

Disarankan anda memiliki file dengan resolusi yang besar sebagai master dan kompresi gambar dengan diturunkan kualitas yaitu mengurangi resolusi  untuk di publikasikan kekhalayak umum. Ternyata cukup simple juga editing foto menggunakan photoshop dengan hasil yang bagus sesuai yang kita harapkan.

Nah itu beberapa tips dari saya, masih banyak tips yang bisa anda dapatkan dari saya dengan cara mudah dan 100% gratis. Anda dapat menghubungi saya melalui email atau facebook saya yang sudah tertera pada blog ini. Selamat mencoba semoga sukses…

Berikut adalah contoh editing foto.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: